Toleransi yang sebenarnya

Halo, sebelumnya aku ceritain ya kok aku juga ikutan #RamadhanBercerita? Haha, gini gini, awalnya aku baca postingan blognya @RoniArmor gitu tentang #RamadhanBercerita. Gak cuma itu, beberapa teman komika dari malang kok juga bikin postingan dengan tagar yang sama, jadilah aku penasaran dan tanya ke @RoniArmor asal mula kejadian ini (kok kejadian?) dan aku boleh ikutan gak? Eh ternyata boleh. Yauda, aku ikutan, padahal sih tadi cuma basa-basi doang... hahahaha. No, i also have a story about Ramadhan meski aku ga ikutan Ramadhan soalnya aku nasrani (yang cuma ke gereja kalo mood doang).
      Dari judul yang kalian baca, you're supposed to know what i'm going to tell you. Ya, toleransi. Sebagai minoritas, pas bulan Ramadhan gini toleransi yang 'harus' aku lakukan adalah ..... ikutan puasa juga. Well, warung-warung makanan pada tutup pas jaman makan siang, yang bikin sebel karena banyak energi terbuang waktu kerja ga bisa diganti, walau kerjaanku cuma duduk depan notebook dan cari-carai bahan buat ngajar sorenya hahaha. Tapi untungnya, di Lembaga Bahasa Inggris tempat aku kerja itu makan siang disedian dari kantor selama bulan puasa, aku ga perlu buat cari makan diluar. Mungkin kalo lauknya ga cocok ama aku aja baru kelimpungan mau cari makan siang dimana. Dan itu.... barusan terjadi kmaren. Jadi gini, di kantor nyediain sayur lodeh yang dimana sebagai santan hater nomer satu, makanan ini beneran kayak monster buat aku. phew! Jadinya, yauda kelaparan gitu ceritanya di kantor sambil utak-atik notebook. kalo aja notebook-ku ini bisa dijadiin sandwich, aku uda makan daritadi :') Lalu, singkat cerita (iye, aku singkat aja biar gak lama-lama kyk situ punya pedekate) ada temen yang berpuasa ngingetin buat makan, "Ms Elok, uda makan siang?" Duh, dari situ aku kaget banget. Dia puasa tapi ngingetin temennya yang gak puasa buat makan siang. Waaaahhhhh, jarang-jarang ada kan ya orang kayak gitu? Ya aku jawab, "Belum nih, lauknya ga cocok," dan si temenku yang puasa ini bilang, "Wah Ms, jangan ga makan siang, ntar maagnya kumat loh, atau mau aku beliin makanan ta? aku tau warung mana yang buka pas puasa gini," Duaaaar! Uda puasa, ngingetin buat makan siang, nawarin buat beli makan pula! See, gak smua orang yang puasa ngemis buat dihargain kalo dia puasa. Ini loh toleransi yang sbenernya. Dia sebagai mayoritas liat temennya yang minoritas kayak aku gini mau bertoleransi dengan keadaan temennya yang gak puasa. See? Kalau kalian masih nyari-nyari arti buat toleransi, mungkin ceritaku barusan akan memberikan hidayah buat kalian. Oya, kalau kalian penasaran aku akhirnya makan apa kemarin siang, well, akhirnya aku beli ke Alfamart deket kantor buat beli Popmie :'| abisnya tau diri lah coy, masak iya nyuruh orang lain beli makanan sedangkan dia puasa. Hahahaha. Dan, mungkin dengan ikutnya aku #RamadhanBercerita ini bisa jadi bentuk toleransi yang lain. Toleransi itu bagiku adalah ketika kita bisa seimbang aja hidup ditengah-tengah perbedaan. Itu. Gak perlu ada omongan, "eh aku pemeluk agama ini, kamu harus hormatin aku ketika aku begini," bukan. Tapi adalah ketika, "eh aku pemeluk agama ini, kamu pemeluk agama apa? yauda, saling woles yuk," hahahaha. Apalah itu. Ya itu sih toleransi buat aku. Ya kayak gitu pemahamanku. Hahaha. Jadi, itu dia #RamadhanBercerita punyaku. What about yours? :D Anyway, selamat berpuasa teman-teman :)

Comments

Popular posts from this blog

Just asking about skateboarder w/ ato:D

Sung Dong-il, Sang Ayah Dengan Anak Perempuan-Perempuannya.

Prison Playbook : Mengelola Krisis di Balik Jeruji